Pengertian Produk Domestik Bruto/GDP

Produk Domestik Bruto/GDP adalah nilai pasar dari seluruh barang dan jasa jadi yang diproduksi di suatu negara pada priode tertentu. GDP mengukur dua hal sekaligus, yaitu pendapatan total semua orang dalam perekonomian dan jumlah pembelanjaan untuk membeli barang dan jasa hasil dari perekonomian (Mankiw, Euston, dan Wilson, 2012). Alasan GDP dapat mengukur pendapatan total dan pengeluaran total secara bersamaan adalah kedua hal ini pada dasarnya sama saja. Untuk perekonomian secara keseluruhan, pendapatan total harus sama dengan pengeluaran total. 

GDP mencakup barang dan jasa yang sedang diproduksi. GDP tidak termasuk transaksi yang melibatkan barang-barang yang diproduksi pada  masa lalu. GDP mengukur nilai produksi di dalam batas-batas wilayah geografis suatu negara. Jadi barang-barang dimasukan kedalam GDP suatu negara jika diproduksi secara domestik tanpa memandang kewarganegaraan produsenya.

PDB/GDP dapat dibedakan menjadi dua jenis. Seperti yang dijelaskan oleh Mankiw (2012) :
  • GDP Nominal
GDP nominal (nominal GDP), GDP yang dihitung nilai barang dan jasanya berdasarkan harga berlaku.
  • GDP Riil
GDP rill (real GDP), GDP yang perhitungan nilai baarang dan jasanya berdasarkan pada harga konstan. GDP rill menunjukan perubahan pendapatan nasional ketika jumlah output berubah tetapi harga tidak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel