Hubungan PAD dengan PDRB

SUDUT EKONOMI | Setelah diberlakukanya desentralisasi fiskal berdasarkan pasal 66 UU Nomor 25 tahun 1995 sumber pendapatan daerah terdiri salah satunya adalah Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dengan digulirkanya desentralisasi fiskal maka pemerintah  daerah harus berpacu dan berlomba-lomba dalam dalam meningkatkan jumlah penerimaan PAD, karena dengan terus meningkatnya PAD maka dapat dikatakan bahwa daerah tersebut mampu membangun secara mandiri tanpa bergantung dengan pusat.

Daerah dengan intensitas kegiatan ekonomi yang tinggi pada setiap tahunnya maka akan memberikan kontribusi bagi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB). PDRB merupakan indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu wilayah/ Provinsi dalam suatu periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi yang mencerminkan kinerja perekonomian suatu wilayah, dimana pertumbuhan ekonomi mengindikasikan keberhasilan pembangunan suatu wilayah hal ini dilihat dari besaran nilai PDRB, maka sejalan dengan teori pertumbuhan ekonomi endogen maupun agregat dimana pertumbuhan ekonomi bergantung kepada pertambahan penyediaan faktor-faktor produksi yaitu penduduk, tenaga kerja dan akumulasi modal. 

Dengan meningkatnya PAD yang diproksikan sebagai akumulasi modal berarti hal ini juga sejalan dengan teori pertumbuhan ekonomi endogen tersebut yang menyatakan bahwa untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang dilihat dari besaran nilai PDRB diutamakan faktor produksi dari endogen atau di dalam daerah itu sendiri, sehingga dapat disimpulkan PAD yang terdiri dari diantaranya pajak dan retribusi daerah sebagai penerimaan daerah sangat bergantung dari intensitas kegiatan perekonomian yang dilakukan pemerintah daerah.

Sejalan dengan teori pertumbuhan endogen teori Keynes menerangkan bahwa tingkat kegiatan ekonomi ditentukan dari permintaan agregat. Menurut Keynes di masa yang akan datang perekonomian akan mempunyai kemampuan lebih besar dalam menghasilkan barang dan jasa jika pada periode tertentu dilakukan sejumlah pembentukan modal.


Berdasarkan beberapa teori endogen dan Keynes PAD sebagai salah satu sumber pembentukan modal bagi kegiatan perekonomian, maka jika PAD meningkat maka dana yang dimiliki daerah meningkat pula, sehingga pemerintah daerah lebih berinisiatif dalam menggali potensi-potensi yang dimiliki daerah. Dengan semakin meningkatnya PAD akan memberikan proporsi belanja modal yang lebih besar untuk pembangunan. Dengan pembangunan sarana dan prasaran serta infrastruktur oleh pemerintah daerah maka akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel