Manfaat Studi Kelayakan

SUDUT EKONOMI | Studi kelayakan bisnis padadasarnya membahaskonsep dasar yang berkaitan dengan proses pemilihan dan keputusan yang akan diambil dalam menentukan bisnis/kegiatan usaha yang akan dijalankan, agar benar-benar yang dipilih itu memberikan manfaat ekonomis dan sosial dalam jangka waktu yang panjang.

Hasil studi kelayakan bisnis ini bermanfaat untuk:
  1. Merintis bisnis/usaha baru
  2. Meningkatkan bisnis/usaha yang sudah ada
  3. Memilih bisnis/ usaha yang menguntungkan untuk investasi
  4. Memastikan pilihan yang tepat.

Studi kelayakan memberi manfaat bagi para pihak terkait dengan usaha yang akan sebagai berikut
  • Pihak Investor, ingin melihat berapa modal yang harus ditananmkan dan berapa potensi daripada usaha yang dijalankan dan juga nilai tambah yang bisa dihasilkan seperti berapa tambahan pendapatan, apakah pendapatan yang dihasilkan sebanding dengan risiko modal yang ditanamkan. Investor juga akan melihat berapa pengembalian investasi yang ditanamkan.
  • Pihak Kreditor, ingin melihat risiko dana yang akan dipinjamkan dan jiga kemampuan pengembalian dana pinjaman untuk jangka waktu berapa lama dan juga kemampuan secara keseluruhan bentuk bisnis yang dijalankan.
  • Pihak Manajemen, sebagai pihak yang akan menjalankan usaha, maka pihak manajemen perlu melakukan perencanaan sumber daya yang diperlukan, waktu pelaksanaannya, hasil yang ingin dicapai, dampak terhadap lingkungan sekitar baik langsung maupun tidak langsung dan juga kemungkinan risiko-risiko yang bisa berdampak pada usaha.
  • Pihak Regulator, berkepentingan terhadap bentuk usaha yang dijalankan, industri yang akan dijalankan, dan dampak terhadap masyarakat maupun perekonomian nasional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel