Pasar Emas

Pasar emas internasional terletak di kota-kota besar di dunia seperti Zurich, Hong Kong, London, New York dan Dubai. Kemungkinan dari gambaran transaksi pada pasar internasional agak luas. Tidak ada pajak dan kontrol bea cukai. Transaksi besar dengan logam mulia berlangsung 24 jam sehari, yang memberi jaringan yang luas bagi klien. Semua peraturan dibuat oleh pelaku pasar dan harga ditentukan oleh market

Ada beberapa macam pasar emas menurut Suharto (2013:83), diantaranya adalah:
  • Internal Pasar Emas
Internal pasar emas adalah pasar dari satu atau beberapa negara kebanyakan yang difokuskan pada investor lokal. Mereka terbagi menjadi pasar bebas dan pasar yang diatur. Pasar bebas kebanyakan terdiri dari semua pasar Eropa, misalnya di Milan, Paris, Amsterdam, Frankfurt. Sedangkan pasar yang diatur adalah pasar yang sebagian besar terdiri dari negara-negara dunia ketiga. Dalam pasar internal kebanyakan kesepakatan dibuat dengan batang-batang kecil dan koin, yang berarti pembayarannya menggunakan mata uang asli.

  • Black Markets

Black markets terdiri dari beberapa pasar di benua Asia dimana keberadaan mereka terhubung dengan batas pemerintah yang besar pada transaksi dengan emas. Black market adalah bentuk pasar internal dengan organisasi radikal, dimana impor dan ekspor emas dilarang dan karena pajak perdagangan logam mulia benar-benar tidak menguntungkan.

  • Pasar Logam Fisik
Sebagian besar operasi emas dilakukan di London dan Zurich. Awal dari semua perdagangan emas berlangsung di London, dimana pengiriman logam dari Commonwealth Nations (sebagian besar Afrika Selatan) dipromosikan. Mereka tertarik dengan organisasi bisnis perdagangan logam mulia. Emas ditransfer dari London ke benua Eropa dan dari sana diteruskan ke Timur Tengah.

  • Pasar Spot
Pasar internasional dari transaksi yang sedang terjadi dikenal sebagai pasar spot. Tujuan dalam melaksanakan operasi ini adalah proses permintaan dana logam mulia pada leading agencies forming and clients. Titik awal pembentukan harga dari emas fisik adalah harga dari pasar London, Loco London (“loco” berarti tempat pengiriman logam). Ini adalah kondisi yang paling utama untuk beroperasi dengan logam mulia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel