Pengaruh Nilai Tukar terhadap Harga Emas

Pengamatan nilai tukar (kurs) mata uang sangat penting dilakukan mengingat nilai tukar mata uang sangat berperan dalam menentukan keuntungan bagi investor. Investor biasanya sangat berhati-hati dalam menentukan posisi beli atau jual jika nilai tukar mata uang tidak stabil. Nilai tukar (kurs) ini pun memiliki pengaruh terhadap penentuan harga emas. 

Menurut Suharto (2013: 32) ada 2 penyebab jika US$ melemah maka harga emas cendrung meningkat. Pertama, karena jatuhnya mata uang US$ akan membuat harga emas menjadi lebih murah dalam mata uang lain sehingga berakhir pada permintaan peningkatan terhadap emas. Peningkatan permintaan inilah yang memicu menguatnya nilai emas. Kedua, apabila nilai US$ melemah ini akan mendorong investor untuk mencari instrumen investasi lain diluar US$. Sehingga permintaan terhadap emas pun meningkat dan harganya pun cendrung melambung ke atas.

Melemahnya nilai tukar domestik terhadap mata uang asing (seperti Rupiah terhadap US Dollar) memberikan pengaruh yang negatif terhadap harga emas. Hal ini dikarenakan bila nilai tukar terus menguat maka kita akan mendapatkan nilai yang lebih rendah untuk mendapatkan emas dalam rupiah, sehingga permintaan akan emas meningkat dan memicu melambungnya harga emas. Dengan demikian secara teoritis, nilai tukar mata uang memiliki hubungan negatif dengan harga emas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel