Pengaruh Inflasi terhadap Harga Emas

Naik dan turunnya inflasi mempengaruhi daya beli masyarakat terhadap barang dan jasa. Pengaruh inflasi juga dirasakan ke berbagai sektor ekonomi, salah satunya investasi. Tingkat inflasi yang tinggi menunjukkan bahwa risiko investasi cukup besar sebab inflasi yang tinggi akan mengurangi tingkat pengembalian (rate of return) dari investor. Tingkat inflasi yang tinggi mendorong orang cenderung menukarkan kekayaan jenis surat berharga dengan kekayaan fisik seperti rumah atau perhiasan (Nopirin, 2011: 117). 

Akibatnya investor mengalihkan investasinya untuk menghindari resiko ketidakpastian pasar dari surat berharga ke barang atau properti yang memiliki resiko sedang atau paling aman dan mempertahankan nilainya seperti emas.

Pengalihan investasi yang dilakukan oleh investor dari surat berharga ke emas membuat permintaan emas meningkat. Semakin rendah pasokan/persediaan emas di pasar karena banyaknya permintaan maka harga emas akan tergerek naik. Dengan demikian dapat dirumuskan bahwa inflasi memiliki hubungan yang positif dengan harga emas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel