Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Entrepenuer
Rabu, 08 Februari 2017
SUDUT EKONOMI | Menurut Suhartini (2011) minat
seseorang terhadap suatu obyek diawali dari perhatian seseorang terhadap
obyek tersebut. Minat merupakan sesuatu hal yang sangat menentukan dalam setiap
usaha, maka minat perlu ditumbuh kembangkan pada diri setiap mahasiswa. Minat
tidak dibawa sejak lahir, melainkan tumbuh dan berkembang sesuai dengan
faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Menurut David C. McClelland (dalam
penelitian Rhozikin,2014) mengemukakan bahwa kewirausahaan ditentukan oleh
motif berprestasi, optimisme, sikap nilai, dan status kewirausahaan atau
keberhasilan. Perilaku kewirausahaan dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.
Faktor internal meliputi hak kepemilikan, kemampuan atau kompetensi dan
insentif, sedangkan faktor eksternal meliputi Lingkungan.
Sedangkan menurut
Ibnoe Soedjono (dalam penelitian Rhozikin,2014) nilai, aspirasi,
perasaan, dan emosi yang semuannya sangat bergantung pada kondisi
lingkungan yang ada maka dimensi kemampuan afektif dan kemampuan kognitif merupakan
bagian dari pendekatan kemampuan kewirausahaan.
Jadi kemampuan
berwirausaha merupakan fungsi dari perilaku kewirausahaan dalam
mengkombinasikan kreativitas, inovasi, kerja keras, dan keberanian menghadapi resiko
untuk memperoleh peluang. Dapat disimpulkan dari pengabungan kedua pendapat
diatas bahwa bagian atau komponen berwirausaha terdiri dari kognitif, emosi kehendak.