Pengertian sistem

SUDUT EKONOMI | Menurut kamus besar bahasa Indonesia, sistem adalah perangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu totalitas. Sistem berasal dari bahasa latin (systema) dan bahasa Yunani (sustema) yang bermakna suatu kesatuan yang terdiri dari komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi, atau energi untuk mencapai suatu tujuan.

Terdapat dua kelompok pendekatan dalam mendefinisikan sistem, yaitu definisi yang menekankan pada prosedurnya dan yang menekankan pada komponen atau elemennya. Pendekatan sistem yang menekankan  pada prosedur didefinisikan oleh Jerry Fitzgrald bahwa sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu. Sedangkan, pendekatan sistem yang lebih menekankan pada elemen atau komponennya memiliki makna bahwa sistem merupakan kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Berdasarkan pengertian diatas, sistem merupakan kumpulan dari beberapa prosedur yang telah dirancang untuk mencapai tujuan dari suatu organisasi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel