Produk Domestik Regional Bruto (PDRB)

SUDUT EKONOMI | Salah satu indikator penting untuk menegetahui kondisi ekonomi disuatu wilayah/provinsi dalam suatu periode tertentu ditunjukan oleh data produk Domestik Regional Bruto (PDRB), baik atas dasar harga konstan atau atas dasar harga berlaku. PDRB didefinisikan sebagai jumlah nilai tambah bruto yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam satu wiayah, atau merupakan jumlah seluruh nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi di suatu wilayah.

PDRB atas dasar harga konstan menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga pada tahun tertentu sebagai dasar. Sedangkan PDRB atas dasar harga berlaku menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga pada setiap tahunnya. Dalam penelitian ini tahun yang digunakan sebagai tahun dasar adalah tahun 2000. PDRB atas dasar harga berlaku digunakan untuk melihat pergeseran dan struktur ekonomi. Sedangkan harga konstan digunakan untuk mengetahui pertambahan ekonomi dari tahun ketahun.

Ada tiga pendekatan yang digunakan dalam menghitung PDRB :

Pendekatan Produksi

Menurut pendekatan ini, PDRB dihitung melakukan akumulasi nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh berbagai unit produksi yang berada disuatu wilayah/provinsi dalam jangka tertentu dikelompokan kedalam 9 lapangan usaha:
  1. Pertanian
  2. Pertambangan dan penggalian
  3. Industri pengolahan
  4. Listrik dan gas air, bersih
  5. Bangunan
  6. Perdagangan, Hotel dan Restoran
  7. Angkutan dan komunikasi
  8. Keuangan, persewaan dan jasa perusahaan
  9. Jasa-jasa.

Pendekatan pendapatan

PDRB menurut pendekatan ini, merupakan jumlah balas jasa yang diteriama oleh faktor-faktor produksi yang diikuti serta dalam proses produksi di suatu wilayah dalam waktu tertentu.

Pendekatan pengeluaran.

PDRB adalah semua komponen pengeluaran aktif seperti pengeluaran konsumsi rumah tangga dan lembaga swasta nirlaba, konsumsi pemerintah, pembentukan modal tetap bruto, perubahan stock, dan ekspor neto dalam jangka waktu tertentu. 

Data pendapatan regional adalah salah satu indikator makro yang dapat menunjukan kondisi perekonomian setiap tahun. Manfaat yang didapat atau diperoleh adalah:
  • PDRB atas dasar harga konstan
  1. Menunjukan laju pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan/ setiap sektor ekonomi dari tahun ke tahun.
  2. Mengukur laju pertumbuhan konsumsi, investasi dan perdagangan luar negeri, perdagangan antar pulau/antar provinsi.
  • PDRB atas dasar harga berlaku.
  1. Menunjukkan kemampuan sumber daya ekonomi yang dihasilkan oleh suatu wilayah tertentu. Nilai PDRB yang besar menunjukan kemampuan sumber daya ekonomi yang besar pula.
  2. Menunjukan pendapatan yang memungkinkan dapat dinikmati oleh penduduk suatu wilayah tertentu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel