Pembangunan Ekonomi

Pembangunan Ekonomi - H.F Williamson (Todaro, 1983:4) Pembangunan ekonomi meliputi usaha suatu masyarakat untuk mengembangkan kegiatan ekonomi dan mempertinggi tingkat pendapatan masyarakat, sedangkan keseluruhan usaha-usaha pembangunan juga meliputi usaha-usaha pembangunan sosial, politik, menggunakan sumberdaya produksi sedemikian rupa, sehingga dapat memperbesar dan kebudayaan. Pembangunan ekonomi sebagai suatu proses , dimana suatu Negara dapat produk perkapita Negara tersebut.

Pembangunan Ekonomi


Meier dan Baldwin (Winardi, 1983:6) menyatakan bahwa pembangunan ekonomi dapat didefinisikan sebagai suatu proses, dimana pendapatan nasional nyata suatu Negara meningkat dalam jangka panjang.

Sumitro Djojohadikusumo (1985:39) juga berpendapat bahwa pembangunan ekonomi juga didefinisikan sebagai suatu usaha untuk memperbesar pendapatan perkapita dan meningkatkan produksi dengan jalan menambah peralatan modal serta meningkatkan keahlian. Karena suatu kemajuan tidak hanya diukur dengan pendapatan perkapita melainkan juga produktivitasnya.

Irawan dan Suparmoko (1987:29) menyatakan bahwa pembangunan ekonomi adalah:
  1. Mencapai kenaikan yang cepat daripada pendapatan perkapita
  2. Menyediakan kesempatan kerja yang cukup
  3. Mengusahakan pembagian pendapatan supaya lebih merata
  4. Mengurangi perbedaan dalam tingkat perkembangan atau pembangunan dan kemakmuran antar daerah yang satu dengan yang lainnya.
  5. Perubah struktur perekonomian supaya tidak berat sebelah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel