Pengertian Emas

Emas adalah sejenis logam mulia terpercaya yang bisa mempertahankan nilainya dan digunakan dalam transaksi. Selain itu emas mempunyai sifat yang unik dan langka karena emas terbuat dari proses magmatis atau pengkonsentrasian di permukaan bumi. Emas merupakan logam yang bersifat lunak, tahan korosi dan mudah diterpa sehingga dalam perkembangannya emas dapat dibentuk menjadi perhiasan. Emas sudah dikenal sebelum masehi dan digunakan sebagai alat untuk bertransaksi. Saat ini, emas menjadi salah satu investasi atau pemberi devisa terbesar bagi negara (Istijanto Oei, 2009: 63).

Karena sifatnya yang sangat lunak, maka dalam aplikasinya (perhiasan/batangan) emas logam mulia perlu dilebur dengan logam lain agar sifatnya yang sangat lunak sedikit berkurang dan juga untuk menghasilkan warna tertentu sesuai kebutuhan. Sebagai hasil peleburan tersebut, maka kita akan mendapatkan 2 perbedaan, yakni perbedaan warna dan nilai karat.

Mengenai perbedaan warna, hasil peleburan emas dengan logam lain akan menghasilkan warna yang berbeda-beda, contohnya adalah sebagai berikut: 
  • Emas Merah : emas murni + tembaga
  • Emas Kuning : emas murni + perak murni
  • Emas Putih : emas murni + timah sari + nikel + perak murni
  • Emas Hijau : emas murni + perak murni + kadmiun + tembaga
  • Emas Biru : emas murni + besi
  • Emas Jingga : emas murni + perak murni + tembaga
  • Emas Coklat : emas murni + palladium + perak murni
  • Emas Abu-abu : emas murni + tembaga + besi
  • Emas Ungu : emas murni + aluminium
Peleburan emas logam mulia dengan logam lain akan menghasilkan perbandingan jumlah logam. Perbandingan ini yang kita kenal dengan istilah karat (k). Kadar tertinggi dalam emas adalah 99% atau disebut emas murni dengan kadar 24 karat (ODNV, 2013: 19-20). Satuan perhitungan harga emas murni adalah troy per ons dalam US$. Apabila dikonversi dalam satuan gram, 1 troy per ons = 31,1034768 gram (ODNV, 2013: 22).

Perusahaan pertambangan yang mengeksploitasi cadangan emas di Indonesia berdasarkan informasi dari situs https://id.wikipedia.org/ antara lain:
  1. PT Aneka Tambang Tbk, merupakan BUMN
  2. PT Freeport Indonesia
  3. PT Newmont Nusa Tenggara

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel