Pengertian Kepuasan Kerja
Selasa, 03 Oktober 2017
SUDUT EKONOMI | Kepuasan kerja adalah kebutuhan untuk berinteraksi dengan rekan kerja dan para atasan, mematuhi peraturan-peraturan dan kebijakan-kebijakan organisasi, memenuhi standar kinerja, hidup dengan suasana kerja yang sering kali kurang dari ideal, dan semacamnya (Robbins, 2007:103).

Pendekatan itu mengidentifikasi elemen-elemen pekerjaan tertentu dan menanyakan perasaan karyawan terhadap setiap elemen tersebut. Faktor-faktor yang umumnya disertakan adalah suasana pekerjaan, pengawasan, tingkat upah saat ini, peluang promosi, dan hubungan dengan mitra kerja. Faktor-faktor tersebut diperingkatkan berdasarkan skala yang distandarkan dan kemudian ditambahkan untuk mendapatkan skor kepuasan kerja secara keseluruhan (Robbins, 2007:103).
Secara alamiah, tampak bahwa menjumlahkan tanggapan-tanggapan terhadap sejumlah faktor pekerjaan akan menghasilkan evaluasi lebih akurat tentang kepuasan kerja. Perbandingan-perbandingan peringkat global satu pertanyaan terhadap metode penghitungan faktor pekerjaan yang lebih panjang menunjukkan bahwa yang pertama pada dasarnya mempunyai validitas serupa dengan yang kedua. Penjelasan terbaik untuk hasil ini adalah bahwa konsep kepuasan kerja itu sendiri sangat luas sehingga satu pertanyaan dapat menangkap intinya.